Selain Xpander, Pajero Sport di Indonesia juga akan

JAKARTA – Mitsubishi akan memproduksi beragam model mobil listrik di Indonesia. Di antaranya Mitsubishi Xpander hybrid dan ‘Mitsubishi Pajero Sport xEV’.

Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Jepang, menurut keterangan resmi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, menerima kunjungan delegasi pemerintah Indonesia pada Selasa (26/7/2022). Di sana, pabrikan berlogo tiga berlian ini menyampaikan berbagai rencana elektrifikasi kendaraan di Tanah Air.

Mitsubishi ingin memproduksi lokal versi listrik dari Xpander dan Pajero Sport setelah 2023. Selain itu, mereka bersiap untuk merakit dua model kendaraan listrik baru mulai 2024.

Sejak pertengahan 2020, persiapan Mitsubishi untuk meluncurkan Xpander hybrid di Indonesia pada tahun fiskal 2023 sudah bocor ke publik. Namun, ini pertama kali rencana mengenai listrik dari Pajero Sport terungkap.

Tidak diketahui, apakah Pajero Sport kelak akan mengusung teknologi hybrid atau plug-in hybrid (PHEV). Prinsipal Mitsubishi hanya disebut sebagai mobil jenis xEV yang merupakan sebutan bagi teknologi-teknologi elektrifikasi di ‘Negeri Matahari Terbit’, mulai dari hybrid sampai battery electric vehicle (BEV).

Demi memproduksi dan menjual berbagai model mobil listrik, Mitsubishi siap menambah investasi secara bertahap dalam tiga tahun ke depan.

“Sampai saat ini, MMC telah mencapai Rp11,3 triliun hingga akhir 2021 untuk seluruh pabrik MMC di Indonesia. Targetnya, MMC akan berkisar sekitar Rp10 triliun mulai 2022 hingga 2-2025,” ucap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Chief Operating Officer MMC Takao Kato mengatakan bahwa jangan hanya menyiapkan model-model hybrid atau pun PHEV untuk pasar Indonesia. Kelak, ada pula yang mobil listrik murni.

“Mitsubishi akan mendiversifikasi produk dengan mengeluarkan kendaraan jenis Hybrid Electric Vehicle (HEV), PHEV, serta BEV untuk mendukung program Pemerintah Indonesia mencapai carbon neutral di 2060 mendatang,” tegasnya.

Indonesia disebut sebagai pasar penting bagi Mitsubishi. Bahkan, penjualan mereka di negeri ini lebih besar daripada di ‘rumah’ sendiri.

Pabrik Mitsubishi Cikarang, Bekasi juga telah melakukan ekspor. Pada akhir 2022, daftar negara tujuan ekspor bakal mencapai 40, dengan volume ekspor yang mengalahkan 72 ribu unit.

Mitsubishi juga sedang berancang-ancang mengekspor mobil rakitan Indonesia ke Australia. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<