Sebelum Memulai Bisnis Anda Sendiri, Ajukan Empat Pertanyaan Ini

Sebelum Memulai Bisnis Anda Sendiri, Ajukan Empat Pertanyaan Ini

Topik

Kolom

Kolumnis ahli kami menawarkan pendapat dan analisis tentang masalah penting yang dihadapi bisnis dan manajer modern.

Lebih banyak di seri ini

ikon berlangganan
Langganan
Membagikan


Pada bulan Juni yang lalu, terdapat lebih dari 425.000 aplikasi bisnis baru di Amerika Serikat, lebih dari dua kali lipat jumlah bisnis yang dimulai pada bulan yang sama 10 tahun yang lalu. Para ekonom berspekulasi bahwa kombinasi teknologi baru yang mudah diakses ditambah kurungan rumah era pandemi mungkin telah mengkatalisasi banyak bisnis baru yang diluncurkan.

Hingga perubahan haluan baru-baru ini, penurunan kewirausahaan dalam jangka panjang merupakan masalah ekonomi karena perusahaan rintisan merupakan sumber yang signifikan dalam penciptaan lapangan kerja, inovasi, dan ketahanan ekonomi. Pergeseran kewirausahaan ini mungkin lebih melengkapi ekonomi untuk bangkit kembali di tengah penurunan di masa depan.

Jika Anda merasa gatal untuk membuat perusahaan sendiri, Anda tentu tidak sendirian, tetapi lakukan riset dan refleksi sebelum mengambil langkah. Empat pertanyaan kunci ini dapat membantu menentukan apakah memulai bisnis Anda sendiri tepat untuk Anda.

1. Masalah apa yang dipecahkan oleh bisnis potensial saya?

Pertama dan terpenting, pelanggan membutuhkan alasan untuk menggunakan produk atau layanan Anda. Jika Anda tidak dapat mengetahui masalah apa yang dipecahkan oleh bisnis Anda, kemungkinan besar bisnis Anda tidak akan berhasil. Kemudian, setelah Anda mengidentifikasi masalahnya, Anda perlu memastikan bahwa solusi Anda unik dan belum ada di pasaran.

Konon, tidak semua ide bisnis itu bagus. Lakukan riset untuk memastikan bahwa ada pasar untuk apa yang ingin Anda jual, termasuk melihat tren di industri Anda dan berbicara dengan orang yang Anda kenal yang bisa menjadi pelanggan potensial.

2. Apakah saya memiliki tim yang tepat?

Tidak ada orang yang merupakan pulau, dan hal yang sama berlaku untuk bisnis. Sebelum memulai toko Anda sendiri, penting untuk membangun tim individu yang solid yang memiliki visi yang sama dan dapat membantu mewujudkan impian Anda. Tanyakan pada diri Anda apakah Anda memiliki orang yang tepat untuk menjalankan rencana bisnis Anda dan apakah Anda memiliki sumber daya keuangan untuk mempertahankan operasi. Melakukan analisis SWOT dapat membantu Anda menilai kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman tim Anda. Informasi yang Anda kumpulkan kemudian dapat digunakan untuk membuat keputusan yang tepat tentang bagaimana melanjutkan bisnis Anda.

Anda mungkin juga perlu mendidik diri sendiri tentang memimpin bisnis dan tim sebelum memulai. Identifikasi keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menjalankan visi Anda, lalu bandingkan dengan kemampuan dan keahlian Anda saat ini untuk melihat di mana kesenjangannya. Anda kemudian dapat mengambil langkah untuk mengisi celah tersebut. Jika Anda tidak bersedia melakukan pekerjaan persiapan ini, maka memulai bisnis mungkin bukan langkah yang tepat untuk Anda.

3. Berapa modal yang saya perlukan untuk memulai?

Pastikan Anda memiliki pemahaman yang jelas tentang biaya yang terkait dengan memulai dan menjalankan bisnis Anda sebelum mengambil risiko — dan itu mencakup semuanya, mulai dari pengembangan web hingga pajak. Sama pentingnya untuk memiliki gagasan realistis tentang berapa banyak pendapatan yang perlu Anda hasilkan untuk mencapai titik impas. Anda dapat memperkirakan ini dengan membuat spreadsheet sederhana yang memproyeksikan biaya dan pendapatan Anda untuk tahun pertama. Jika Anda memerlukan bantuan dalam hal ini, bicarakan dengan akuntan atau pakar bisnis yang dapat membantu Anda membuat proyeksi yang realistis.

Intinya adalah bahwa memulai bisnis Anda sendiri adalah proposisi yang berisiko secara finansial. Ini adalah praktik yang baik untuk menyimpan tabungan yang cukup untuk menutupi biaya hidup Anda setidaknya selama enam bulan jika hal-hal tidak berjalan sesuai rencana. Ketika Anda wiraswasta, penghasilan Anda tidak dijamin. Sangat penting untuk menyisihkan beberapa tabungan untuk membantu Anda selama masa-masa sulit; sementara beberapa bulan dapat menghasilkan pendapatan yang signifikan, yang lain mungkin menemukan Anda hampir tidak bisa mendapatkan penghasilan.

4. Apa risiko dan potensi imbalannya?

Memulai bisnis itu berisiko, tetapi jika Anda siap untuk yang terburuk dan memiliki rencana yang solid, hasilnya bisa sangat bagus. Lakukan pekerjaan untuk memahami risiko yang terlibat, dan memiliki rencana darurat jika hal-hal tidak berjalan seperti yang diharapkan. Misalnya, tidak ada yang memberi tahu Anda kapan harus mulai atau berhenti bekerja saat Anda wiraswasta. Anda harus disiplin dan termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan, bahkan pada hari-hari ketika Anda tidak menyukainya. Jika Anda ingin sukses dalam bisnis, kemungkinan besar Anda juga harus bekerja berjam-jam. Ini bisa jadi sulit, terutama jika Anda memiliki keluarga atau komitmen lain, tetapi seringkali itu perlu. Selain itu, jika Anda terbiasa bekerja di kantor dengan rekan kerja, Anda mungkin merasa transisi untuk bekerja dari rumah atau menjadi bos Anda sendiri sedikit kesepian. Sangat penting untuk berusaha terhubung dengan orang lain, baik melalui acara jejaring, komunitas online, atau kopi dengan teman sebaya.

Meskipun tidak bijaksana untuk membuat keputusan yang begitu penting secara tiba-tiba, ada banyak alasan bagus untuk memulai bisnis Anda sendiri. Dorongan untuk mencoba sesuatu yang baru, mengejar hasrat, atau sekadar menemukan profesi yang lebih stabil selalu perlu ditelusuri, seperti yang dicatat Dorie Clark dalam bukunya Menemukan Kembali Anda.

Di atas segalanya, pastikan untuk melakukan pekerjaan rumah Anda terlebih dahulu. Jawab empat pertanyaan dan bersiaplah untuk tantangan yang datang dengan menjadi bos Anda sendiri — karena begitu Anda memutuskan untuk mengambil langkah itu, Anda akan menghadapi serangkaian tantangan dan keputusan yang sama sekali baru. Memulai bisnis Anda hanyalah permulaan.

Topik

Kolom

Kolumnis ahli kami menawarkan pendapat dan analisis tentang masalah penting yang dihadapi bisnis dan manajer modern.

Lebih banyak di seri ini

Open chat
1
ADMIN AKDWEBS
Halo,
Saya Layanan Posting Tamu
Saya Memiliki 600 Situs
Status : Terindeks Semua
DA bagus: 40-60
Kategori Nice I yang Berbeda
Umpan Tetes Diizinkan
Saya dapat mempublikasikan secara instan
secepat mungkin

Layanan saya:
1. Saya akan mengerjakan pesanan Anda maksimal 1X24 jam, jika pada saat itu saya sedang online. Saya akan melakukannya maksimal 1 jam dan prosesnya selesai.
2. Jika ada diantara kalian yang orderannya tidak terselesaikan maksimal 1x24 jam, kalian tidak perlu membayarku, alias gratis.
3. Kalau weekend biasanya saya online, kalau weekend kalau saya tidak online berarti saya kerja hari senin.
4. Untuk pembayaran, maksimal dibayarkan satu hari setelah link live dipublikasikan.
5. Pembayaran melalui rekening paypal
Jika Anda tertarik, silakan balas
Terima kasih
Salam,
AKDWEBS