Olahraga di Rumah yang Bisa Kalian Coba

Olahraga di Rumah yang Bisa Kalian Coba

Olahraga di Rumah yang Bisa Kalian Coba, Apakah kamu tetap berolahraga selama di rumah saja? Walau pandemi menuntut kamu untuk tetap berada di rumah saja, jangan sampai terlewat ya aktivitas kebugaran ini! Olahraga di rumah tidak hanya membuat tubuh tetap sehat, melainkan juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak rentan terkena berbagai penyakit.

Selain itu, olahraga di rumah mampu menciptakan suasana positif dalam berpikir karena produksi hormon endorfin yang semakin baik ketika berolahraga. Tentu saja, kamu dapat terhindar dari rasa stress akibat bosan berada di rumah saja. Olahraga juga dapat menambah energi untuk dapat beraktivitas seharian di rumah, seperti mengerjakan pekerjaan rumah, work from home (WFH) atau bekerja dari rumah, ataupun merawat keluarga yang sedang berada di rumah juga, termasuk sang buah hati yang masih harus melakukan pembelajaran jarak jauh.

Olahraga di Rumah yang Bisa Kalian Coba

Yuk, simak berbagai jenis olahraga yang dapat kamu lakukan baik di dalam rumah maupun lingkungan sekitar rumah kamu! kamu bisa merasakan manfaat olahraga secara rutin bagi kesehatan kamu.

Jalan Kaki

Kegiatan olahraga di rumah ini adalah yang paling sederhana, murah, tidak memerlukan kemampuan dan peralatan khusus, serta dapat di lakukan kapan pun kamu inginkan. Jalan kaki nampak begitu mudah namun tak jarang di temukan situasi males gerak atau mager yang membuat seseorang lebih memilih untuk tidak melakukannya. Padahal, jalan kaki yang di lakukan secara rutin memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh, terutama ketika berada di rumah saja.

Salah satunya adalah mencegah radang sendi atau arthritis yang menjadi penyebab dari gaya hidup yang tidak aktif. Penderita akan merasakan persendian yang kaku sehingga terasa nyeri pada bagian tubuh tertentu. Duduk berlama-lama ketika WFH memiliki risiko munculnya arthritis.

Jogging

Jogging atau berlari di kenal sebagai pilihan olahraga di rumah yang cukup mudah untuk dilakukan siapa pun. Sama halnya dengan jalan kaki, jogging merupakan jenis olahraga yang menyehatkan jantung, menurunkan risiko di abetes, serta membantu proses pembakaran kalori di dalam tubuh. Olahraga ini juga mampu melatih sistem pernapasan untuk lebih baik lagi.

Tanpa kamu sadari otot-otot yang di gunakan untuk bernapas pun akan semakin kuat. Selain memiliki manfaat yang sama dengan berjalan kaki, jogging atau berlari dapat memperkuat otot-otot besar, terutama pada bagian kaki, seperti otot paha belakang, betis, dan bokong.

Naik-turun Tangga

Olahraga di rumah dengan naik-turun tangga juga bisa menjadi alternatif olahraga kardio yang mudah untuk dilakukan di dalam rumah. Kamu bisa melakukannya dengan menaiki tangga dari lantai bawah ke lantai yang lebih tinggi berulang kali. Bahkan jika kamu hanya memiliki 1 anak tangga sekalipun, olahraga ini tetap dapat di lakukan. Jangan lupa untuk kenakan alas kaki yang sesuai untuk berolahraga untuk mencegah terjadinya cedera pada otot-otot bagian kaki.

Dengan banyak manfaat yang di tawarkan seperti jenis olahraga kardio lainnya. Naik-turun tangga juga dapat memelihara kesehatan otak selama beraktivitas di dalam rumah, terutama ketika di sibukkan dengan rutinitas WFH atau memandu buah hati dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh. Rutin naik-turun tangga dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, serta terhindar dari risiko kepikunan.

Lompat Tali

Olahraga lompat tali menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan, di antaranya adalah meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah. Sebab olahraga ini berfokus pada lompatan yang cukup cepat di lakukan sehingga memicu denyut jantung lebih cepat. Lompat tali juga mampu melatih koordinasi tubuh. Hal ini karena dalam lompat tali, kamu perlu memperhatikan irama antara ayunan tangan yang memegang tali dengan kaki yang harus melompat ketika tali tepat menyentuh tanah.

Bermain Hula Hoop

Jenis olahraga ini sangat menyenangkan tidak hanya bagi anak-anak melainkan orang dewasa juga. Walaupun terlihat mudah, namun bermain hula hoop memerlukan konsentrasi tersendiri agar kamu dapat melakukannya dengan baik. Bermain hula hoop di lakukan dengan menggerakan pinggang dengan membentuk lingkaran yang teratur sehingga hula hoop akan memutar di bagian perut. Dengan gerakan tersebut, olahraga di rumah menggunakan hula hoop dapat membantu mengecilkan perut, baik untuk wanita ataupun pria.

Tidak hanya bermanfaat untuk mengecilkan perut, bermain hula hoop selama 20 – 30 menit setiap hari dapat meluruhkan lemak yang ada di bagian pinggang, mengencangkan otot pinggul, merampingkan paha, serta mengencangkan payudara. Oleh karena itu, olahraga ini cenderung lebih di gemari para wanita.

Bermain Trampolin

Kamu berencana untuk membeli mainan untuk menghibur sang buah hati di rumah? Jika kamu memiliki halaman rumah yang cukup luas, kamu dapat membeli trampolin untuk ditaruh di halaman. Sama halnya untuk anak-anak, bermain trampolin dapat membantu mengembangkan pembentukan otot, memperkuat tulang pada tubuh bagian bawah dan tulang penyangga tubuh, serta memperkuat sendiri.

Untuk menambah agar tubuh tetap aktif di rumah, melompat-lompat di trampolin dapat melatih koordinasi otak dalam bergerak dengan penuh keseimbanga. Selain itu, hal ini juga akan turut melatih daya refleks pada tubuhmu pada saat terjatuh ataupun pada saat terpantul. Olahraga di rumah pun semakin seru bila di lakukan bersama anak-anak.

Yoga

Yoga merupakan salah satu aktivitas olah tubuh yang tepat untuk kamu pilih untuk melakukan olahraga di rumah. Pasalnya, olahraga ini tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, melainkan juga untuk pikiran dalam menghadapi stress, kecemasan, hingga situasi yang membuat depresi. Olahraga ini kerap menjadi pilihan karena dapat di ikuti oleh semua usia, baik wanita maupun pria. Yoga juga memiliki banyak manfaat tidak hanya untuk usia produktif, tapi juga untuk remaja hingga para lansia.

Melakukan olahraga ini secara rutin dapat menjaga kestabilan kesehatan mental. Terutama selama berada di rumah saja, di mana kamu belum bisa banyak beraktivitas di luar rumah, seperti berkunjung ke sanak keluarga, berakhir pekan di pusat perbelanjaan, hingga pergi berlibur keluar kota. Hal-hal tersebut tentunya dapat menjadi pemicu stress, bosan, bahkan depresi akibat aktivitas yang berulang, sosialisasi yang menurun, dan berbagai perubahan yang tak terduga.

Pilates

Jenis senam lantai ini sekilas tampak seperti yoga. Walaupun keduanya dapat menjadi opsi olahraga di rumah, keduanya berbeda. Yoga berfokus pada daya tahan, kekuatan tubuh, dan spiritual. Sementara pilates memiliki gerakan yang berfokus pada kelenturan serta fleksibilitas seluruh tubuh dalam memperkuat otot-otot tubuh terutama otot inti. Jenis olahraga low-impact ini juga menggunakan teknik pernapasan guna menunjang penggunaan otot yang baik dan akurat. Berbagai manfaat yang di tawarkan oleh yoga, di tawarkan pula ada pilates. Oleh karena itu, jenis olah tubuh ini menjadi salah satu olahraga favorit untuk dilakukan di rumah.

Untuk dapat melakukannya di rumah, kamu dapat mengikuti kelas grup virtual yang di adakan oleh studio olahraga. Tentu saja, olahraga ini perlu di lakukan dengan arahan instruktur profesional. Namun bila kamu telah memahami teknik gerakan pilates, kamu dapat menemukan berbagai panduan pilates melalui video-video di platform media sosial.

Zumba

Walaupun biasanya olahraga kardio ini di lakukan di sebuah kelas olahraga pusat kebugaran atau studio olahraga, Zumba merupakan sebuah pilihan olahraga di rumah yang cukup mudah untuk dilakukan. Hal ini karena kamu dapat mengikuti sesi kelas virtual dari berbagai studio kebugaran yang kamu kehendaki. Kamu hanya perlu mengikuti arahan instruktur Zumba atau di kenal dengan ZIN.

Seperti pada jenis olahraga kardio lainnya, yang perlu kamu persiapkan sebelum berlatih Zumba di rumah adalah pakaian olahraga, sepatu olahraga, energi yang cukup untuk berolahraga, serta ruangan yang cukup untuk kamu bergerak bebas. Olahraga ini memiliki waktu sekitar 50 menit hingga 1 jam. Oleh karena itu, pastikan kamu memiliki cukup energi dan terhindar dari dehidrasi dengan menyediakan air mineral. Hal ini karena selama Zumba berlangsung, sebanyak 300 – 900 kalori di dalam tubuh akan terbakar. Alhasil, proses metabolisme di dalam tubuh pun akan semakin baik.

Strong Nation

Strong Nation merupakan salah satu jenis olahraga High Intensity Interval Training (HIIT) yang dapat di lakukan selama di rumah saja. Jenis olahraga ini dapat membuat tubuh bekerja secara maksimal karena memiliki interval luar biasa. Berbeda dengan zumba, Strong Nation di kategorikan sebagai olahraga yang lebih berat karena memerlukan kekuatan otot, koordinasi interval gerakan, serta pernapasan yang baik. Oleh karena itu, olahraga ini dapat menjadi pilihan bagi kamu yang ingin dengan cepat menurunkan berat badan selama berada di rumah saja.

Walaupun diiringi dengan musik yang khusus dibuat untuk Strong Nation, olahraga ini sama sekali bukan cardio dance seperti Zumba. Yang perlu dipersiapkan untuk dapat mengikuti Strong Nation sebagai pilihan olahraga di rumah adalah pakaian olahraga, sepatu olahraga, dan yoga mat. Berbagai studio olahraga telah memiliki kelas virtual untuk Strong Nation, pastikan kamu melakukan registrasi terlebih dahulu untuk dapat melakukan olahraga ini di rumah.

PoundFit

Salah satu jenis olahraga di rumah yang menyenangkan untuk dilakukan adalah PoundFit. PoundFit merupakan olahraga kardio yang menggabungkan antara gerak tubuh dengan gerakan seperti menabuh drum menggunakan alat bantu bernama Ripstix. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan terlebih dahulu Ripstix tersebut sebelum memulai sesi PoundFit. Sebenarnya, kamu tidak harus memiliki Ripstix sendiri untuk mengikuti PoundFit pada umumnya, karena studio olehraga akan mempersiapkan alat bantu tersebut untuk kamu gunakan pada kelas PoundFit.

Olahraga ini dapat bermanfaat untuk menguatkan otot lengan dan otot-otot tubuh bagian tengah, termasuk otot perut. PoundFit dirancang untuk menggerakkan badan secara keseluruhan. Namun, seringnya gerakan memutar dan gerakan membungkuk yang dilakukan akan bermanfaat untuk memperkuat otot perut dan sekitarnya serta memperkuat jaringan ikat. Selain itu, olahraga ini juga menjadi salah satu cara terbaik bagi kamu yang ingin mendapatkan bentuk pinggang dan paha yang lebih ramping.

Itulah pilihan olahraga yang dapat menjadi pilihan selama berada di rumah saja. Memiliki beberapa alat olahraga di rumah dapat membuatmu terus termotivasi untuk melakukannya secara rutin. Oleh karena itu, sangat bermanfaat bagi kamu untuk memiliki sepatu olahraga, pakaian olahraga yang nyaman, dan yoga mat, sehingga kamu dapat melakukan berbagai macam olahraga pilihan.

Open chat
1
ADMIN AKDWEBS
Halo,
Saya Layanan Posting Tamu
Saya Memiliki 600 Situs
Status : Terindeks Semua
DA bagus: 40-60
Kategori Nice I yang Berbeda
Umpan Tetes Diizinkan
Saya dapat mempublikasikan secara instan
secepat mungkin

Layanan saya:
1. Saya akan mengerjakan pesanan Anda maksimal 1X24 jam, jika pada saat itu saya sedang online. Saya akan melakukannya maksimal 1 jam dan prosesnya selesai.
2. Jika ada diantara kalian yang orderannya tidak terselesaikan maksimal 1x24 jam, kalian tidak perlu membayarku, alias gratis.
3. Kalau weekend biasanya saya online, kalau weekend kalau saya tidak online berarti saya kerja hari senin.
4. Untuk pembayaran, maksimal dibayarkan satu hari setelah link live dipublikasikan.
5. Pembayaran melalui rekening paypal
Jika Anda tertarik, silakan balas
Terima kasih
Salam,
AKDWEBS