Konsep Pemasaran Penting di Dalamnya

Konsep Pemasaran Penting di Dalamnya

Konsep Pemasaran Penting – Di tengah persaingan bisnis yang ketat, di mana orang-orang mulai menjalankan bisnis barunya baik secara offline ataupun online, maka setiap pemilik bisnis harus mempunyai strategi agar produk atau layanan mereka dapat lebih di terima daripada pesaingnya. Meskipun saat ini, sudah semakin banyak perusahaan yang menjalankan strategi pemasaran digital, namun mereka tetap perlu memperhatikan bagaimana konsep pemasaran yang perlu di proses agar usaha pemasaran yang di jalankan dapat memberikan hasil yang memuaskan.

Perlu Anda ketahui, sebagian besar perusahaan yang sukses di dunia sudah mengadopsi dan menerapkan konsep pemasaran ini. Jadi apa itu konsep pemasaran? berikut kami berikan penjelasan selengkapnya untuk Anda.

Pengertian Konsep Pemasaran

Konsep pemasaran adalah filosofi yang mendorong perusahaan untuk mengembangkan produk atau layanan berdasarkan kebutuhan dan preferensi pasar. Jadi, strategi yang di jalankan oleh perusahaan akan di rancang dan di terapkan oleh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, memaksimalkan keuntungan, memuaskan kebutuhan pelanggan, serta mengalahkan pesaing bisnis mereka.

Selain di gunakan untuk memaksimalkan keuntungan atau profit perusahaan, konsep pemasaran ini juga perlu di perhatikan untuk dapat menciptakan kondisi di mana kedua belah pihak baik itu perusahaan ataupun pelanggan bisa sama-sama merasakan keuntungan. Jika di jalankan dengan baik secara konsisten, maka konsep ini dapat membantu perusahaan untuk memperoleh keuntungan untuk jangka yang panjang.

Konsep pemasaran ini memiliki 5 konsep utama di dalamnya dan konsep tersebut telah berkembang selama beberapa dekade. Perlu di ketahui, bahwa tidak setiap konsep akan berguna untuk semua bisnis. Oleh karena itu, kami sediakan penjelasan untuk masing-masing konsep tersebut.

5 Konsep Pemasaran yang Dapat Anda Gunakan

1. Konsep produksi (Production)

Konsep produksi merupakan salah satu konsep pemasaran paling awal di mana perusahaan berfokus pada efisiensi proses produksi. Seperti yang sudah kita ketahui, pada umumnya konsumen akan menyukai suatu produk dengan kualitas yang baik dengan harga yang terjangkau. Selain itu, konsep produksi ini juga fokus akan ketersediaan produk. Jadi, untuk mencapai hal tersebut, maka perusahaan perlu mengoptimalkan proses produksi yang akan di lakukan.

Salah satu contoh dari penerapan konsep pemasaran ini adalah ketika suatu perusahaan memutuskan untuk memproduksi barang dagangannya di kota lain dengan biaya produksi yang rendah. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk bisa menawarkan barang atau produk dengan harga yang lebih terjangkau.

Meskipun demikian, perusahaan wajib untuk selalu memperhatikan bagaimana kualitas dari produk-produk yang dihasilkan. Karena jika proses produksi tidak dilakukan sesuai dengan standar maka perusahaan akan mengalami penurunan kualitas produk sehingga dapat berdampak pada penurunan penjualan.

2. Konsep produk (Product)

Konsep produk mengusung gagasan bahwa konsumen akan menyukai produk dengan kualitas dan kinerja yang baik. Hal ini menunjukkan bahwa pelanggan akan mencari alternatif yang inovatif dan selalu mencari yang terbaik dari apa yang saat ini tersedia di pasar. Selain itu, dalam konsep ini, diasumsikan bahwa konsumen juga akan tetap loyal jika mereka mendapat banyak pilihan dan memperoleh manfaat dari produk yang digunakan.

Oleh karena itu untuk mencapai hal tersebut maka perusahaan perlu melakukan strategi pemasaran yang berfokus pada peningkatan dan inovasi produk secara terus menerus. Salah satu contoh perusahaan yang rutin melakukan inovasi akan produk yang mereka kembangkan adalah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi. Perusahaan-perusahaan tersebut biasanya akan mengupdate fitur, fungsionalitas, atau bahkan menciptakan produk baru secara rutin.

Untuk mewujudkan pengembangan fitur secara rutin, biasanya perusahaan teknologi juga akan memanfaatkan metode pengembangan software sepertiĀ metode Agile. Dengan cara ini, perusahaan dan tim dapat bekerja dengan baik untuk mengeluarkan inovasi-inovasi baru untuk produk yang mereka kembangkan.

3. Konsep penjualan (Selling)

Konsep pemasaran yang selanjutnya adalah konsep penjualan atau selling. Pada konsep ini, perusahaan akan berorientasi pada penjualan. Artinya, perusahaan dapat mengembangkan suatu produk dan menjualnya ke target market tanpa mempertimbangkan kebutuhan atau keinginan konsumen. Konsep penjualan meyakini bahwa pelanggan akan membeli produk saat perusahaan melakukan penjualan secara agresif.

Di sini, manajemen perusahaan memiliki fokus utama untuk membuat transaksi penjualan daripada membangun hubungan dengan pelanggan. Meskipun konsep ini dapat bekerja secara efektif untuk beberapa waktu, namun perlu dipahami bahwa konsep selling biasanya tidak dapat dipertahankan untuk waktu yang lama. Jadi, konsep ini hanya menawarkan keuntungan jangka pendek tetapi tidak menawarkan keuntungan jangka panjang

Sebagai informasi tambahan, konsep ini sangat populer di awal tahun 1930-an. Pada saat itu, produksi massal sudah menjadi standar dan sebagian besar permintaan pelanggan telah terpenuhi. Maka, perusahaan mulai mempraktikkan konsep penjualan ini. Perusahaan akan memproduksi produk dan mendorong konsumen agar mau membelinya dengan cara personal selling atau menjalankan iklan.

4. Konsep Pemasaran (Marketing)

Perusahaan yang mempercayai konsep pemasaran ini, akan menempatkan konsumen sebagai fokus utama mereka. Mereka akan memahami apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen serta menjalankan strategi pemasaran sesuai dengan riset pasar mulai dari konsepsi produk hingga penjualan. Tidak hanya itu saja, ketika penjualan sudah dimulai, perusahaan akan melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui feedback konsumen. Selain itu perusahaan juga akan mencari tahu apakah perlu dilakukan suatu perbaikan untuk produk tersebut.

Perusahaan yang menggunakan konsep pemasaran ini mempercayai bahwa dengan berfokus pada kebutuhan dan keinginan target market, maka perusahaan dapat memberikan value yang lebih baik daripada para pesaingnya. Mereka juga berpendapat bahwa perusahaan bisa menjadi sukses dengan kepuasan dari pelanggan mereka. Pemikiran ini didasarkan pada keyakinan bahwa barang dan jasa hanya akan tersedia jika konsumen membutuhkan atau menginginkannya. Jadi,Ā  perusahaan tidak akan berusaha untuk menemukan konsumen yang tepat untuk produk mereka, namun perusahan akan menyediakan produk yang tepat untuk para konsumennya.

5. Konsep Pemasaran Sosial (Societal Marketing)

Konsep pemasaran sosial adalah konsep yang relatif baru. Sebagian besar orang beranggapan bahwa konsep pemasaran sosial memiliki pemikiran yang selangkah lebih maju daripada konsep yang sebelumnya sudah kita bahas di point 4. Anggapan tersebut muncul karena perusahaan yang mengusung konsep ini tidak hanya berusaha untuk memenuhi kebutuhan konsumennya namun juga menekankan pada kesejahteraan masyarakat.

Meskipun tidak semua konsep di atas efektif untuk semua jenis bisnis, Anda dapat memanfaatkan aspek dari berbagai konsep untuk merancang dan menyusun rencana pemasaran atau strategi promosi produk Anda. Tim pemasaran ataupun pihak perusahaan harus bisa menentukan konsep pemasaran mana yang paling sesuai dan efektif untuk digunakan. Pada umumnya, perusahaan cenderung akan memilih konsep yang sesuai dengan value perusahaan, market, serta produk yang mereka jual.

Open chat
1
ADMIN AKDWEBS
Halo,
Saya Layanan Posting Tamu
Saya Memiliki 600 Situs
Status : Terindeks Semua
DA bagus: 40-60
Kategori Nice I yang Berbeda
Umpan Tetes Diizinkan
Saya dapat mempublikasikan secara instan
secepat mungkin

Layanan saya:
1. Saya akan mengerjakan pesanan Anda maksimal 1X24 jam, jika pada saat itu saya sedang online. Saya akan melakukannya maksimal 1 jam dan prosesnya selesai.
2. Jika ada diantara kalian yang orderannya tidak terselesaikan maksimal 1x24 jam, kalian tidak perlu membayarku, alias gratis.
3. Kalau weekend biasanya saya online, kalau weekend kalau saya tidak online berarti saya kerja hari senin.
4. Untuk pembayaran, maksimal dibayarkan satu hari setelah link live dipublikasikan.
5. Pembayaran melalui rekening paypal
Jika Anda tertarik, silakan balas
Terima kasih
Salam,
AKDWEBS