Bagaimana konsultasi berbasis data akan mengubah bisnis:

Javier A. Baldor, CEO di BST Global, menawarkan pemikirannya tentang ‘konsultasi berbasis data masa depan’ menjelang partisipasinya dalam KTT Bisnis Global EA bulan depan.

Javier A. Baldor, chief executive officer perusahaan solusi digital BST Global, menjelaskan mengapa strategi data yang komprehensif dapat mendefinisikan kembali cara konsultasi dijalankan — dan menanamkan ESG pada inti model bisnis. Javier akan mengambil bagian dalam diskusi panel di KTT Bisnis Global Analis Lingkungan (23-24 Agustus, Denver).

EA: Peran apa yang dapat dimainkan oleh manajemen proyek, solusi produktivitas, dan alat pemanfaatan dalam membantu perusahaan konsultan lingkungan & keberlanjutan mengembangkan peluang LST?

JB: Melepaskan kapasitas cadangan dari sumber daya yang ada merupakan area fokus dan penting; namun, ada peluang yang lebih besar. Hadiah besarnya adalah membuka dan melepaskan gairah para profesional Anda. Bagaimanapun, mereka menghadapi salah satu tantangan terbesar yang dihadapi umat manusia: perubahan iklim. Bagaimana kita dapat memberdayakan mereka untuk fokus pada hasrat mereka? Jawabannya terletak pada memberi mereka lebih banyak waktu untuk melakukan apa yang mereka sukai dengan memastikan mereka menghabiskan lebih sedikit waktu untuk tugas-tugas administratif. Ini semua tentang efisiensi dan pengalaman mereka.

Kami telah mewawancarai ratusan konsultan di seluruh dunia selama beberapa tahun terakhir. Apa yang kita pelajari dari percakapan itu? Manajer proyek (PM) dan tim pada dasarnya tidak menggunakan perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) dan sistem bisnis perusahaan mereka. Sebaliknya, mereka menggunakan Microsoft Excel untuk semuanya, yang sangat tidak efisien.

Kenapa ini?

  • Sistem ERP terlalu kompleks
  • Sistemnya berbelit-belit dan dirancang dengan sangat buruk
  • Alat yang digunakan PM semuanya bersifat reaktif, dengan hanya perspektif pandangan belakang tentang bagaimana proyek telah dilakukan berdasarkan hasil akuntansi.

Inilah sebabnya, menurut Clarity Report, pada tahun 2005, pemanfaatannya mencapai 61,5%, dan 16 tahun kemudian, justru turun menjadi 58,5%. Menurut SPI, Best-of-the-Best Performance Advantage (30 Teratas) mencapai 74,5%. Ini adalah hadiah lebih dari 15%.

Saya juga percaya bahwa hal-hal tidak berubah secara material dalam cara proyek diperkirakan, dikelola dan dikelola dalam tiga dekade terakhir. Kita perlu “berpikir secara berbeda” dan menumbuhkan pengalaman modern berbasis data untuk para profesional digital-native saat ini dengan menghilangkan gesekan dan inefisiensi. Pada akhirnya, kesempatan untuk mewujudkan hasrat seseorang sepenuhnya pada proyek-proyek hebat akan meningkatkan retensi, kepuasan, dan hasil konsultasi.

Javier Baldor “Saya percaya pada gagasan konsultasi berbasis data di masa depan — yang mencakup data besar, AI, pembelajaran mesin, otomatisasi cerdas, dan deteksi anomali”

EA: Tren dan pengganggu utama ‘masa depan konsultasi’ apa yang Anda harapkan untuk mendefinisikan industri dalam lima hingga sepuluh tahun ke depan dan bagaimana pengaruhnya terhadap evolusi model bisnis?

JB: Saya percaya bahwa kita memiliki kesempatan mendasar untuk mendefinisikan kembali cara konsultasi dijalankan. Lebih khusus lagi, saya percaya pada gagasan konsultasi berbasis data di masa depan — konsultasi yang mencakup data besar, AI, pembelajaran mesin, otomatisasi cerdas, dan deteksi anomali dalam pengalaman kelas konsumen yang sederhana. Jenis konsultasi tersebut akan membuka kunci efisiensi dan kemampuan prediktif yang diperlukan untuk membantu tim mengelola proyek dengan lebih baik dan secara material berdampak pada profitabilitas.

Singkatnya, kita perlu beralih dari gagasan tentang akuntansi yang terutama untuk proyek, ke cara baru untuk mengembangkan konsultasi berbasis data yang “pintar”, yang berpusat pada pemanfaatan kecerdasan proyek.

Pertimbangkan bagaimana Waze mengubah cara kita semua mencapai suatu tempat. Saya yakin industri kita harus memiliki “Waze untuk Proyek” yang memanfaatkan sinyal digital yang berasal dari data konsultan untuk memberdayakan tim proyek mereka dengan prediksi, yang didukung oleh AI dan pembelajaran mesin. Tim proyek dapat memanfaatkan kecerdasan proyek ini untuk mengubah lintasan proyek mereka dan memberikan hasil yang lebih baik.

EA: Untuk sepenuhnya mengembangkan peluang LST, konsultan harus mengembangkan dan berinvestasi besar-besaran untuk mengembangkan kemampuan mereka. Aktivitas M&A meningkat lagi tetapi ini membawa tantangan dalam menyatukan struktur dan sistem warisan. Dalam pengalaman Anda mendukung klien di ruang ini [such as Cardno & ERM] apa kesalahan terbesar yang dilakukan perusahaan ketika mereka mengintegrasikan akuisisi, dan bagaimana hal ini dapat dihindari?

JB: Saya percaya bahwa banyak konsultan menjadi sangat bersemangat tentang kemungkinan pertumbuhan dan sinergi dengan kegiatan M&A mereka. Setelah transaksi diselesaikan, pekerjaan sebenarnya dimulai di bagian depan integrasi — mencakup konversi sistem, dan manajemen perubahan dan proses, untuk beberapa nama. Ini sering dikelola dengan baik oleh perusahaan besar yang memiliki tim integrasi khusus. Namun, dalam beberapa kasus, kami dibawa setelah fakta dengan sedikit atau tanpa pemberitahuan sebelumnya untuk membantu perusahaan menentukan strategi migrasi datanya dan mendorong praktik terbaik di bagian depan proses. Kita sering mendengar bahwa tim kepemimpinan pengakuisisi menginginkan hal ini dilakukan dalam jangka waktu tertentu, yang seringkali tidak realistis. Jika ada satu hal untuk dibagikan, saya akan menekankan bahwa orang harus berharap itu akan memakan waktu dua kali lebih lama dan biaya lebih dari yang Anda pikirkan pada awalnya. Beberapa hal yang terlintas dalam pikiran dari pengalaman kami yang akan membayar dividen yang signifikan:

  • Anda akan membutuhkan sponsor dan kepemimpinan eksekutif yang kuat, karena seringkali ada manajemen perubahan yang signifikan dan dampak terkait kebijakan saat mengintegrasikan perusahaan yang baru diakuisisi ke dalam perusahaan induk
  • Anda harus memastikan proses perencanaan yang tepat dilakukan di awal. Seringkali ada inisiatif bersaing yang signifikan dalam gerakan yang perlu dikoordinasikan dan dinavigasi juga. Perencanaan dengan benar akan membantu dalam menetapkan dan/atau mengelola ekspektasi dengan pimpinan internal terkait timeline.
  • Anda harus memutuskan sejak dini tentang bagaimana perusahaan baru akan “dimasukkan” ke dalam perusahaan induk. Apakah itu akan datang sebagai satu kesatuan atau dipecah menjadi beberapa bagian dan diintegrasikan ke dalam berbagai bagian dari perusahaan induk? Keputusan ini akan berdampak besar pada strategi konversi data Anda, langkah rekonsiliasi Anda selanjutnya, dan rencana manajemen perubahan Anda.

Terakhir, strategi komunikasi yang komprehensif, transparan dan konsisten adalah yang terpenting. Orang tidak akan melihat ke belakang dan mengingat tanggal tenggat waktu peralihan/integrasi — mereka akan mengingat bagaimana hasilnya — baik atau buruk. Pepatah “pergi lambat untuk pergi cepat” selalu jalan terbaik. Pahami apa yang Anda lakukan, ke mana Anda pergi dan mengapa. Dan pastikan untuk mendefinisikan dengan jelas misi, ruang lingkup, dan seperti apa kesuksesan sebelum Anda menginjak pedal gas.

EA: BST Global menawarkan dukungan dan solusi untuk membantu konsultan meningkatkan manajemen proyek untuk mendorong efisiensi dan profitabilitas dalam bisnis mereka. Apakah klien Anda mulai meminta metrik non-keuangan untuk disertakan dalam solusi dan alat Anda? Misalnya untuk membawa visibilitas metrik karbon, keragaman atau kesetaraan ke dalam proyek yang selaras dengan agenda LST?

JB: Kami melihat perusahaan banyak berinvestasi dalam strategi data mereka, tidak hanya dengan metrik keuangan tradisional, tetapi dengan metrik non-keuangan yang terkait untuk mendukung agenda LST, misalnya. Ini dimulai dengan strategi big-data yang bijaksana yang dapat menyatukan data dari sumber yang berbeda, mengamankannya, dan memanfaatkan AI/pembelajaran mesin untuk membuat data menjadi cerdas dan predikatif.

Bersamaan dengan ini, saya percaya kita juga perlu mengubah paradigma data historis secara mendasar, di mana data hanya mengalir satu arah dari staf ke pimpinan untuk pelaporan manajemen. Ini harus diganti dengan model cerdas berbasis data yang mendemokratisasi data untuk semua. Para profesional di semua tingkatan dalam paradigma baru ini secara pribadi mendapatkan lebih banyak manfaat dari data yang diminta untuk mereka masukkan dan memiliki kesempatan untuk diberdayakan oleh data pintar ini. Saya benar-benar percaya bahwa mendemokratisasi data Anda adalah kunci keberhasilan inisiatif “tenaga kerja digital masa depan”.

BST Global

Simak selengkapnya dari Javier di Global Business Summit (23-24 Agustus, Denver), di mana dia akan bergabung dengan diskusi panel tentang ‘Menanamkan keberlanjutan dan ESG sebagai inti dari model bisnis konsultasi’ bersama panelis Josh Nothwang, direktur penasihat keberlanjutan global di Arcadis, dan Mark Hall, SVP, layanan penasihat lingkungan di Montrose Environmental.

© Analis Lingkungan. Anda boleh mengedarkan tautan web ke artikel kami, tetapi Anda tidak boleh menyalin artikel kami secara keseluruhan atau sebagian tanpa izin

KOREKSI: Kami berusaha keras untuk akurasi, tetapi dengan tekanan tenggat waktu, kesalahan bisa terjadi. Jika Anda menemukan sesuatu, kami ingin tahu, silakan kirim email kepada kami di: [email protected]
Kami juga menyambut BERITA ANDA: Kirim pengumuman ke [email protected]