Memerangi Pengikut Palsu Dalam Pemasaran Influencer

Memerangi Pengikut Palsu Dalam Pemasaran Influencer

Lingkungan pemasaran digital saat ini adalah salah satu yang telah melihat influencer membuka jalan bagi merek untuk menghasilkan uang melalui daya tarik pengikut media sosial massal. Dengan pemasaran influencer menjadi bagian utama dari penjualan dan pertumbuhan merek, ruang digital juga telah melihat munculnya praktik buruk oleh influencer yang memanfaatkan lanskap digital baru dengan membeli pengikut palsu.

Ini berarti bahwa banyak merek membangun hubungan bisnis dengan influencer yang sebenarnya tidak menciptakan hubungan otentik dengan pengikut mereka.

Untungnya, ada perusahaan di luar sana yang menyadari praktik buruk yang terjadi di lanskap digital, dan mereka bertekad untuk memeranginya. Empat contohnya adalah Unilever, Samsung, eBay, dan Diageo, yang berkomitmen untuk menciptakan pengalaman yang bermakna dan positif bagi orang-orang yang membeli produk mereka. Ini termasuk bersikap transparan tentang dengan siapa mereka bermitra sambil menolak bermitra dengan influencer yang berpartisipasi dalam praktik buruk dan aktivitas penipuan seperti membeli pengikut.

Ketiga perusahaan secara terbuka membuat komitmen untuk memerangi influencer yang membeli pengikut palsu, berjanji untuk bekerja dengan mitra yang memberikan suara kepada konsumen.

“Di Unilever, kami percaya influencer adalah cara penting untuk menjangkau konsumen dan mengembangkan merek kami. Kekuatan mereka berasal dari hubungan yang mendalam, autentik, dan langsung dengan orang-orang, tetapi praktik tertentu seperti membeli pengikut dapat dengan mudah merusak hubungan ini,” Keith Weed, chief marketing officer di Unilever, mengatakan di Festival Kreativitas Internasional Cannes Lions.

eBay, Samsung, dan Diageo mencerminkan sentimen ini selama sesi panel di festival.

“Apa yang ingin saya lakukan adalah memberikan suara kepada penjual kami, daripada influencer yang memiliki pengikut dan bersedia menulis posting. Itu harus dari orang-orang yang asli dan asli. Saya akan mencoba dan mengalihkan pengeluaran influencer kami ke kelas influencer itu, mereka khusus untuk eBay dan otentik dan cerita mereka akan membantu pembeli,” kata wakil presiden dan kepala pemasaran eBay EMEA, Godert van Dedem.

Chief marketing officer Samsung Electronics America, Marc Mathieu, menyatakan di panel bahwa Samsung ingin menceritakan kisah tentang kreator. Diageo juga memiliki pendekatan unik, yaitu fokus pada influencer – tetapi hanya secara selektif.

Pemasaran influencer sedang berubah. Ini bukan lagi tentang menandatangani influencer terbesar dan menggunakannya untuk menjual atau mendukung suatu produk. Pemasaran influencer beralih ke fokus yang membangun hubungan dengan konsumen dengan bekerja sama dengan influencer yang benar-benar peduli dengan merek dan pelanggannya. Ini tentang bermitra dengan influencer yang memiliki minat yang sama yang beresonansi dengan orang-orang di tingkat yang lebih dalam daripada sekadar membeli produk.