6 Tips Memilih Produk Lifestyle Berkualitas saat Belanja Online

6 Tips Memilih Produk Lifestyle Berkualitas saat Belanja Online

6 Tips Memilih Produk : Seiring berkembangnya teknologi, perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia ikut berubah. Misalnya dalam b erbelanja, masyarakat kini menjadi lebih menyukai belanja online karena mudah dan praktis.

Meski demikian, aktivitas belanja online juga memiliki kekurangan tersendiri. Misalnya saat berbelanja barang lifestyle seperti fashion atau sepatu, seringkali barang yang dipesan tidak sesuai dengan barang yang datang.

Biasanya, hal ini sering terjadi pada barang yang memerlukan ukuran seperti fashion atau sepatu. Sebab, pembeli tidak bisa melihat langsung, memegang dan mencoba secara langsung.
00:00 / 00:00
Kru Iklan

6 Tips Memilih Produk Nah agar kamu tidak mengalami kekecewaan dalam berbelanja online produk tersebut maka kamu harus memilih aplikasi belanja online yang terpercaya dengan deskripsi barang yang lengkap. Salah satunya seperti Zalora Indonesia yang menyediakan barang-barang berkualitas untuk kebutuhan gaya hidup dengan kualitas dan modelnya yang ciamik.

Sayangnya, banyak orang yang belum memahami cara berbelanja online yang aman dan terjamin. Jika melihat dari banyaknya peristiwa yang terjadi, banyak pelanggan online yang oleh pengecer online, terutama yang sedang tren.

Adapun penipuan ini bisa berupa barang yang dibeli tidak sampai, barang yang tidak sesuai pesanan, bahkan penjualnya tiba-tiba menghilang dan lepas tanggung jawab. Jika kamu tidak ingin mengalami hal tersebut 6 Tips Memilih Produk, coba lakukan beberapa tips berikut.

1. Pilih Toko Terpercaya

Dalam sebuah aplikasi belanja online, akan terdapat banyak toko online yang memberikan pilihan barang menarik dan harga murah. Saat melihatnya, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memilih toko yang memiliki reputasi baik.

pilih toko online di platform favorit yang bertanda bintang. Ketika toko online tersebut memiliki bintang yang bagus maka toko tersebut telah diakui banyak berbelanja disana.

Selain melalui bintang, kamu bisa memperhatikan ulasan toko dari pelanggan yang berbelanja di sana. Jika ulasannya bagus, maka toko online tersebut dapat dipercaya. Kecepatan dalam merespon hingga pengiriman barang juga harus diperhatikan.

Di samping itu, pilih toko yang resmi. Jika kamu memilih toko dengan tanda toko resmi, dijamin barang yang dikirim tidak akan menipu, dan kamu tidak akan kecewa antara barang yang dikirimkan dengan foto yang terdapat di toko online tersebut.

Selain itu, kamu juga dapat berbelanja langsung di situs merek pilihan. Misalnya jika ingin membeli tas dan sepatu Zara, kamu bisa langsung mengunjungi website Zara Indonesia Sale. Hal ini tentunya akan melindungi kamu dari penipuan.

2. Baca Deskripsi Produk dan Ulasan

Salah satu tips yang penting dan harus diperhatikan adalah jangan malas untuk membaca secara detail terkait produk yang dijual. Hal ini termasuk membaca rinci dari dimensi objek sehingga kamu dapat memilih ukuran yang tepat sesuai keinginan.

Setelah membaca deskripsi produk, kamu harus melihat komentar pembeli. Ada banyak yang puas atau banyak yang kecewa dengan produk tersebut. Lihat juga foto yang diposting oleh pelanggan sebelumnya di kolom komentar. Hal tersebut akan membuat kamu mengetahui produk yang kamu pilih dengan lebih jelas. Jadi jangan malas membaca agar tidak kecewa.

3. Cek Detail Barang

Saat ingin memilih produk fashion, sebaiknya jangan hanya peduli seberapa bagus gambarnya, namun pastikan untuk memeriksa bahan yang digunakan dalam produk fashion tersebut. Jika kamu tidak tahu nama bahan yang digunakan, lihat di mesin pencari untuk lebih jelasnya.

Selain itu, jangan terburu-buru berbelanja jika menemukan barang yang kamu sukai. Kamu bisa cek dulu detail produk yang diinginkan agar tidak kecewa terhadap barang yang dikirim. Situs belanja online biasanya menyediakan kolom yang menjelaskan detail barang yang dijual. Baca dengan cermat detail item untuk menemukan item dengan detail berkualitas.

Sebagai konsumen, kamu berhak mendapatkan informasi yang akurat, jelas dan jujur ‚Äč‚Äčtentang kondisi produk tersebut sehingga kamu bisa mendapatkan produk yang baik dan berkualitas. Selain itu, kamu dapat menggunakan kolom percakapan untuk mengajukan pertanyaan tentang produk.

4. Temukan Barang Promosi

Banyak platform online yang menawarkan promosi untuk menarik pembeli. Kamu dapat melihat toko mana yang memiliki promosi paling menarik. Barang promosi tentunya akan menghemat banyak biaya dan sekaligus memberi banyak manfaat. Meski demikian, ketika harga yang ditawarkan terlalu murah maka kamu juga harus berhati-hati, karena ada kemungkinan kualitasnya kurang baik.
Baca juga: 6 Aplikasi Populer Belanja Fashion Online 2022 untuk Fashionista

5. Pilih Metode Pembayaran yang Aman

Tips aman lainnya saat berbelanja online adalah memilih metode pembayaran yang aman. membayar langsung ke rekening penjual karena dapat membahayakan. pilih metode pembayaran yang sesuai dengan aplikasi belanja online untuk menghindari penipuan.

Saat kamu melakukan transaksi melalui platform belanja online, uang yang kamu bayarkan akan masuk ke rekening pihak aplikasi. Ketika barang telah sampai dan tidak ada komplain, nantinya uang yang telah kamu bayarkan kemudian dibawa ke toko online.

Saat berbelanja online, sebaiknya selalu videokan ketika Anda ingin membuka paket. Hal ini guna menghindari masalah jika barang yang dibeli tidak sesuai atau dalam kondisi tidak baik. Tak hanya itu, sebagian besar toko dan platform belanja online saat ini juga banyak yang meminta untuk mengunggah video yang belum dibongkar jika ingin meminta dana atau mengklaim barang yang diterima tidak sesuai.

Jadi, tidak ada salahnya untuk rutin membuka paket dengan cara membuat video. Dengan demikian, ketika ada komplain terhadap barang yang rusak atau tidak sesuai, memiliki bukti dan bisa mendapatkan uang pengganti atau barang yang baru.